Sabtu, 23 Maret 2013

langkah-langkah pendirian TPQ Metode Usmani



LANGKAH-LANGKAH  PENDIRIAN LEMBAGA TPQ

Dalam mendirikan /merubah lembaga TPQ menggunakan methode USMANI memang tidak semudah membalikan tangan , terlebih apabila yang mengikuti pembinaa melalui PGPQ maupun PTQ masih status sebagai guru biasa ( bukan penentu kebijaksanaan ). Maka akan berhadapan dengan orang –orang yang belum faham dengan USMANI. Sehingga dirasa perlu untuk kami susun langkah –langkah yang kongkrit untuk bisa mendirikan lembaga TPQ.
Sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa syarat pengguna USMANI harus lulus dan bersyahadah semuanya .Namun apabila dalam suatu lembaga masih ada satu guru yang bersayahadah ,maka guru tersebut berkewajiban untuk membina guru- guru yang lain sampai bersyahadah semua  atau bisa diikutkan pada PGPQ terdekat.
Adapun langkah untuk mendirikan TPQ adalah sebagai berikut :
1.  Musyawarah guru dan pengurus  sekaligus menginformasikan tentang USMANI yang sebenarnya ditinjau dari segi keunggulan, visi dan misi USMANI.
2.  Pembinaan Guru-guru yang lain sampai diperkirakan bisa diserahi tugas mengajar tiap-tiap Juz  .
3.  Mengundang wali murid untuk diinformasikan tentang adanya perubahan penggunaan Methode ( dalam hal ini bisa minta bantuan pengurus korcam/ cabang untuk menjelaskan kepada wali murid )
4.  Diadakan pendaftaran ulang pada seluruh santri, dengan diberi jangka waktu tertentu ( TPQ sementara libur dulu ) kurang lebih satu minggu.
5.  Diadakan Tashih masal pada seluruh santri yang telah daftar ulang.( Pentashih dari cabang )
6.  Penentuan Juz masing-masing santri sesuai hasil Tashih.
7.  Dimulai /pembukaan TPQ methode USMANI secara serentak.

 Setelah TPQ dimulai diagendakan ada pertemuan guru seminggu sekali untuk evaluasi dan pembinaan. Selanjutnya sampaikan laporan pengelolan kepada cabang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar